13 Makanan Khas Sumatera Barat

Sumatera Barat atau yang seringkali disebut sebagai Sumbar ialah suatu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat pulau Sumatera.

Provinsi yang satu ini memiliki ibukota yang bernama Padang. Selain itu provinsi yang memiliki luas sebesar 42.012,89 kmĀ² ini juga memiliki suku yang mendiami provinsi ini, yaitu suku Minangkabau.

Suku Minangkabau terkenal akan adat istiadat dan budayanya, contohnya seperti tariannya, rumah adatnya, dan lainnya.

Selain budayanya, suku ini juga terkenal akan makanan khasnya yang terkenal dengan kelezatannya, bahkan salah satu dari makanan khasnya pernah menempati posisi pertama makanan terlezat di dunia.

Nah, oleh karena itu baimtoday.com tertarik untuk membahas beberapa makanan khas Sumatera Barat ini, untuk selengkapnya bisa dibaca dibawah sini.

Dendeng Balado

sumber : kompas.com

Untuk makanan khas Sumatera Barat yang pertama adalah Dendeng Balado, Dendeng sendiri adalah makanan khas Sumatera Barat yang terbuat daging sapi yan diiris tipis dan digoreng kering.

Dendeng Balado juga makanan yang cukup popular di kota-kota besar, terlebih lagi jika sudah memasuki hari raya, biasanya Dendeng ini disajikan dengan bumbu balado di hari raya.

Untuk membuat Dendeng Balado kita membutuhkan beberapa bahan, antara lain adalah daging sapi, air, asam kandis, minyak, bawang putih, ketumbar, jahe, dan garam.

Berikutnya, untuk membuat sambal dari Dendeng Balado ini kita membutuhkan bawang merah, tomat merah, cabai merah, air, minyak, garam, gula, dan juga daun jeruk.

Sate Padang

sumber : polisitidur.com

Nah, untuk makanan Sate Padang ini mungkin kalian udah tidak asing lagi pastinya, karena kita sering menjumpai makanan ini di kota-kota kita.

Sate Padang sendiri makanan popular dari Sumatera Barat, makanan ini adalah sate yang terbuat dari daging sapi, lidah, maupun jeroan, kemudian dengan bumbu kuah kacang yang lezat ditambah dengan cabai.

Sate Padang sendiri dibedakan menjadi 3 varian, yaitu adalah Sate Padang Panjang, Sate Pariaman, dan Sate Padang.

Perbedaan dari sate-sate diatas ada di kuah kacangnya, Sate Pariaman memiliki bumbu kuah berwarna merah, sedankan Sate Padang Panjang berwarna kuning, dan keduanya memiliki citarasa yang berbeda pula.

Bahan-bahan untuk membuat sate padang adalah daging sapi, tepung beras, daun kunyit, batang serai, daun jeruk, daun salam, air, ketupat, dan bawang goreng.

Sedangkan untuk bumbunya, kita membutuhkan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, ketumbar bubuk, rawit merah, jahe, lengkuas, kunyit, jintan bubuk, lada bubuk, garam, gula, dan kaldu.

Kalio

sumber : kompas.com

Kalio ini adalah makanan khas Sumatera Barat yang kalua dilihat agak mirip dengan rendang, ya benar Kalio ini Rendang, tapi lebih tepatnya Rendang setengah jadi atau Rendang setengah matang.

Kalau Rendang matang biasanya cenderung lebih hitam, tidak berkuah, lebih kering, dan aroma rempahnya sangat tajam. Kalau Kalio ini cenderung berwarna kecoklatan dan basah dan lengket.

Biasanya Kalio ini disajikan jika anda tidak cukup waktu untuk memasak Rendang hingga kering, sehingga dibuatlah Kalio yang memakan waktu yang lebih sedikit, Kalio ini bisa ditemukan di warung-warung nasi Padang.

Kalio ini sama saja dengan Rendang bahan-bahannya, seperti daging sapi, lidah, hati, dan lainnya. Selain itu Kalio ini dagingnya tidak sekeras rendang dan juga tidak terlalu pedas.

Keripik Sanjai

sumber : bmw2002tour.com

Keripik Sanjai atau yang bisa disebut juga sebagai Karupuak Sanjai ini adalah keripik pedas yang biasa ditemukan di daerah Sumatera Barat, biasanya Karupuak Sanjai ini dijadikan sebagai oleh-oleh.

Karupuak Sanjai sendiri terbuat dari singkok yang diiris tipis-tipis, kemudian digoreng di minyak dan diberi garam agar lebih sedap. Saya yakin anda sudah tau dengan keripik ini karena kita sering kali menjumpainya.

Bahan-bahan untuk membuat Keripik Sanjai ini cukup simpel, yaitu adalah singkong, minyak goreng, dan juga air secukupnya, cukup simpel bukan.

Bumbu Balado dari Karupuak Sanjai ini terbuat dari cabai merah, gula pasir, gula merah, air, bawang putih, garam, minyak goreng, asam jawa, dan daun jeruk.

Gulai

sumber : caraprofesor.com

Mungkin secara umum kalian bisa menemukan makanan Gulai ini dimana-mana, karena sebenarnya Gulai ini adalah makanan khas Pulau Sumatera, namun Sumatera Barat juga memiliki Gulai versinya sendiri.

Gulai biasanya dibuat dari daging ayam, ikan, kambing, maupun sapi, dan dicampur dengan sayuran seperti nangka, dan daun singkong, yang kemudian dicampur dengan kuah yang gurih.

Makanan ini biasanya makanan favorit di warung-warung nasi Padang, karena makanan ini memiliki citarasa yang gurih dan sangat lezat, apalagi kuahnya yang tidak ada lawan.

Masakan ini memiliki kuah yang berwarna kuning, kuahnya kuning dikarenakan kunyit yang tercampur pada makanan ini. Sebenarnya makanan apa saja bisa digulai, cumin yang paling umum adalah daging ayam.

Nasi Kapau

nasi kapau sumatera barat
sumber : keywordbasket.com

Mungkin kalau kita lihat sekilas gambar diatas ini, kita akan melihatnya sebagai pedagang Nasi Padang, namun sebenarnya ini bukan pedagang Nasi Padang, melainkan pedagang Nasi Kapau.

Saya juga awalnya mengira bahwa tidak ada perbedaan antara Nasi Padang dan Nasi Kapau, tapi ternyata ada. Mulai dari asal-usulnya yang berbeda, kemudian menu makanannya, cita rasa makanan, cara memesan makanan, dan juga tata letak makanan.

Makanan ini sendiri adalah makanan khas yang berasal dari nagari Kapau, Kabupaten Agam, di Provinsi Sumatera Barat. Makanan ini terdiri dari nasi, sambal, sayur, lauk seperti gulai dan lainnya.

Makanan apapun bisa anda temukan disini mulai dari Rendang, Gulai, Telur, Dendeng Balado, Sambal Lado Hijau, Goreng Belut, dan masih banyak lagi.

Lemang

sumber : twtext.com

Makanan yang selanjutnya adalah Lemang, Lemang sendiri adalah makanan khas Sumatera dan Melayu yang pastinya bisa anda temukan di Sumatera Barat.

Lemang sendiri adalah makanan yang terbuat dari beras ketan, yang kemudian dilapisi dengan daun pisang, dan dimasak di dalam batang bambu.

Isi dari bambu ini adalah beras ketan yang dicampur dengan santan kelapa, dan dimasukkan dan dimasak dengan menggunakan sebatang bambu.

Lemang banyak dikonsumsi saat bulan puasa maupun saat hari raya, ini sudah menjadi makanan wajib saat bulan puasa di Sumatera sana. Dan cara memakan Lemang pun berbeda beda, tergantung daerahnya masing-masing.

Asam Pedas

asam pedas sumatera barat
sumber : masakan-rumahan.com

Selanjutnya adalah Asam Pedas, Asam Pedas atau Asam Padeh bisa juga disebut Sampadeh, adalah makanan tradisional khas Sumatera Barat yang terkenal. Asam Pedas terkenal karena memiliki citarasa yang asam dan pedas.

Masakan Asam Pedas ini sendiri terbuat dari ikan, berbagai jenis ikan bisa dibuat menjadi Asam Pedas ini, seperti ikan gurami, ikan kembung, ikan kakap, ikan tongkol, dan ikan tuna. Kemudian dibumbui dengan asam jawa, cabe, dan bumbu-bumbu lainnya.

Dendeng Batotok

sumber : polisitidur.com

Tadi kita sudah membahas tentang Dendeng Balado, sekarang kita akan membahas Dendeng Batotok. Dendeng Batotok adalah makanan dari Sumatera Barat, yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis.

Makanan Dendeng Batotok ini sebelum disantap harus dipukul-pukul dengan cobek agar daging sapi ini menjadi lebih lembut. Setelah dipukul-pukul, daging sapi ditambahkan cabai hijau.

Perbedaan Dendeng Balado dan Dendeng Batotok sendiri ada pada bumbunya dan cara pembuatannya. Dendeng Balado diolah dengan cara dikeringkan dan dibumbui dengan sambal balado dari cabai merah.

Sedangkan Dendeng Batotok dibuat dengan cara dipukul-pukul hingga daging menjadi pipih, dengan dipukul-pukul seperti itu, bumbu akan menyerap ke dalam daging, dan itu pula yang menyebabkan Dendeng Batotok mempunyai aroma yang lebih harum.

Rendang

rendang sumatera barat
sumber : topnotchgroup.com.my

Anda sudah pasti tau dengan makanan ini, tidak mungkin tidak tahu. Makanan Rendang ini sudah sangat popular dan sudah menjadi favorit orang-orang, tidak heran jika digemari, karena rasanya memang sangatlah lezat.

Makanan Rendang sendiri adalah makanan khas Sumatera Barat yang sangat popular, makanan ini terbuat dari daging yang dicampurkan dengan berbagai rempah-rempah, proses pemasakan rendang memakan waktu yang lama dan menggunakan suhu yang rendah.

Rendang dimasak sangat lama hingga yang tersisa hanyalah daging dan bumbunya saja, makanan ini bisa tahan sampai berminggu-minggu. Beda dengan Kalio  yang tadi sudah kita bahas sebelumnya.

Ada fakta unik dari makanan yang satu ini, pada tahun 2011, makanan Rendang ini menempati peringkat pertama dalam 50 hidangan terlezat di dunia versi CNN.

Soto Padang

soto padang sumatera barat
sumber : topyushiecsnews.blogspot.com

Makanan ini sudah terkenal dimana-mana, di kota-kota besar bisa dengan mudah kita dapatkan. Selain terkenal, rasanya juga lezat sekali, perpaduan kuah kaldu yang hangat dan daging yang sangat lezat, bakal buat kamu jadi ketagihan sama Soto Padang ini.

Keripik Jangek

sumber : itrip.id

Keripik Jangek atau Karupuak Jangek adalah kerupuk dari daerah Sumatera Barat yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau, yang kemudian dibumbui.

Untuk membuat Karupuak Jangek ini kita membutuhkan kulit sapi, kemudian kapur murni, air, dan minyak secukupnya. Dan kemudian untuk membuat bumbunya, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah bawang putih, garam, dan penyedap rasa.

Dadih

dadih sumatera barat
sumber : acyanggita.wordpress.com

Selain makanan-makanan lezat diatas, Sumatera Barat juga mempunyai yogurt sendiri nih, yogurt ini Bernama Dadih.

Dadih sendiri adalah olahan fermentasi dari tanah Minangkabau yang terbuat dari susu kerbau, yang kemudian susu ini difermentasi.

Dadih sendiri difermentasi di dalam sebatang bambu, mirip dengan makanan Lemang tadi, tapi kalua Dadih ini berisi susu kerbau yang difermentasi.

Dadih juga adalah olahan yang sangat sehat, sebab Dadih ini memiliki bakteri yang baik, yaitu asam laktat yang berperan sebagai probiotik. Asam laktat memiliki banyak manfaat dan juga berperan sebagai rasa dan pembentukan tekstur.

Baca juga : 9 Makanan Khas Sumatera Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *